Minggu, 09 Oktober 2011

Masalah Ergonomis pada PC

Keyboard : bentuk keyboard secara umum hampir sama dengan mesin ketik. Keyboard sebagai penghubung antara manusia dengan komputer dapat menyebabkan nyeri otot yang disebabkan oleh berbagai macam hal, seperti letak keyboard yang tidak sesuai, penggunaan 10 jari dalam pengetikan juga tidaklah membantu karena orang yang biasa bekerja dengan tangan kanan ternyata tangan kirinya hanya bisa berfungsi 60% akibatnya tangan kanan lebih cepat lelah.

Layar Monitor : ketika kita sendan berhadapan dengan layar monitor mata kita jarang berkedip sehingga bola mata lebih cepat kering dan ini menimbulkan gesekan antara lensa dan kelopak mata. Selain itu mata juga akan mengalami keluhan rasa pegal dan nyeri pada mata karena terlalu lama menatap layar monitor. Untuk mengurangi keluhan letakan layar monitor sedemikian rupaagar pantulan cahaya lain tidak mengganggu penglihatan, letakan computer dengan jarak minimal 30 cm, buatlah kontras layar yang agak redup, agar mata tidak kering sering-seringlah berkedip dan sesekali pindahkan pandangan mata keluar ruangan.
Meja dan kursi : meja dan kursi adalah alat penunjang yang sangat berpengaruh terhadap kenyamanan kerja user. Kelelahan akan cepat terjadi jika letak meja dan kursi tidak memenuhi persyaratan. Meja yang baik adalah meja yang di lengkapi dengan sandaran kaki dan bawah meja agak luas agar bisa memberikan ruang gerak yang bebas bagi kaki. Sedangkan kursi yang baik adalah kursi yang mempunyai dandaran serta tingginya dapat datur.

Mouse : mouse menjadi masalah ergonomi jika letak mouse tidak sesuai persyaratan sehingga seringkali menyusahkan user, jika letak mouse terlalu jauh maka akan menimbulkan pegal-pegal dan ruang gerak dalam menggerakkan mouse agak terbatas.    

Printer : ternyata printer juga bisa menjadi masalah ergonomi. User sering kali terganggu dengan suara bising yang ditimbulkan oleh printer.

sumber :

koko^^ 

Tidak ada komentar: