Sabtu, 01 Oktober 2011

Cara Mempercepat Kerja Prosesor

Central Prosesing Unit atau yang biasa kita kenal dengan sebutan CPU adalah hal yang sangat penting pada perangkat komputer. CPU bekerja sebagai otak pengendali dari segala aktivitas komputer, contohnya memproses data yang masuk untuk di olah menjadi data keluaran. Dalam memproses data diperlukan pula chip memory atau RAM, dimana perpindahan data dari CPU ke RAM merupakan tolak ukur dari kinerja suatu  computer. CPU bisa menghitung atau mengerjakan hingga miliaran dengan sangat cepat.
                Namun dengan kecepatan kinerja dari CPU, masih terdapat cara untuk meningkatkan kerja prosesor, yaitu proses interleaving, bursting, pipelining, arsitektur superskalar, dan hyperthread.
1.       Interleaving
 Interleaving adalah teknik canggih yang digunakan oleh CPU untuk mempercepat kinerja prosesor, dimana CPU menghubungkan antar 2 pusat memori atau lebih. Interleaving bekerja dengan cara membagi 2 memori, dan membantu meringankan kinerja CPU yang memiliki batasan dalam kinerja keseluruhan.

2.       Bursting
 Bursting adalah jembatan virtual yang menghubungkan antara CPU dan memori. Bursting menyediakan data tambahan dari memori ke CPU apabila data tersebut mungkin akan dibutuhkan lagi.

3.       Pipelining
 Pipelining adalah suatu cara yang memungkinkan prosesor melakukan sekumpulan pekerjaan dalam waktu yang bersamaan tapi dalam tahap yang berbeda. Dengan cara ini, maka pemrosesan akan dapat bekerja secara maksimal.

4.       Arsitektur Superskalar dan Hyperthreading
Arsitektur superskalar berarti komputer mampu mengeksekusi lebih dari satu perintah, salah satu arsitekturnya adalah hyperthreading, system operasi yang bisa memproses satu prosesor seolah-olah adalah dua prosesor.


source :  prio's blog 
             Digital Round Cube


koko^^

Tidak ada komentar: